JAZATEK

Jazatek

Cara Membuat Blog Dengan Mudah

Cara Membuat Blog Dengan Mudah

Cara membuat blog bukan hanya untuk yang paham coding saja, siapapun bisa melakukannya, termasuk Anda.Kami akan menunjukkan cara membuat blog dengan mudah hanya dalam delapan langkah! yaitu dengan menggunakan platform WordPress.

Sudah siap? Mari kita mulai.

  1. Memilih Niche Blog
    Niche blog yaitu tema atau topik khusus untuk blog. Anda hanya perlu fokus membuat konten dengan tema yang sama. Disarankan agar blog Anda dapat dianggap sebagai ahli pada topik tertentu dan digunakan sebagai referensi oleh banyak orang.
    Akibatnya, lalu lintas blog meningkat, dan lebih mudah mendapat untung dari iklan atau dukungan. Jangan asal pilih ya, pastikan untuk menggunakan tips berikut untuk menentukan lokasi blog Anda:
  • Pilih topik yang Anda kuasai
  • Pilih topik yang populer
    Usahakan topik yang Anda gemari sejalan dengan trend internet, anda dapat memanfaatkan Google Trends untuk melihat potensi topik yang digemari dan banyak dicari.
  • Melihat peluang keuntungan niche blog
    Jika niche blog memmbuat peluang untuk mendapatkan uang dari internet, keren bukan? Nah, Anda dapat mencoba melalui beberapa cara.
  1. Pilih Layanan Hosting yang benar dan bagus
    Hosting merupakan tempat di mana semua file blog kita akan disimpan dan bisa diakses melalui internet. Karena ketika menggunakan WordPress.org untuk membuat blog, maka diperlukan layanan hosting. Disaat anda memilih layanan hosting sebaiknya jangan sembarangan, karena nantinya berpengaruh pada performa blog anda. Untuk itu, sebisa mungkin pilih layanan hosting yang terpercaya.

    Berikut beberapa jenis hosting yang dapat Anda gunakan dalam membuat blog yang menarik, yaitu:
    • Shared hosting, jenis hosting yang paling terjangkau dan mudah penggunaannya;
    • Cloud hosting, jenis hosting yang memiliki VPS dan kemudahan dalam shared hosting;
    • VPS hosting, jenis hosting yang mempunyai kapasitas server yang besar dan memerlukan keterampilan teknis.
    Namun, dalam membuat blog seorang pemula lebih cocok menggunakan shared hosting.
    Karena blog untuk langkah awal belum memerlukan sumber daya server yang tinggi.
  2. Menentukan Nama Domain
    Selain hosting, Anda juga membutuhkan domain.Domain merupakan alamat yang digunakan untuk mengakses blog Anda. Misalnya, Jazatek yang memiliki nama domain www.jazatek.com
    Karena itu kami merekomendasikan WordPress.org, agar Anda dapat bebas memilih nama domain blogspot.com. Untuk upgrade domain pun biayanya lumayan menguras kantong.
  3. Instalasi WordPress
    Setelah mempunyai hosting dan domain, saatnya masuk ke cara membuat blog sendiri dengan menggunakan WordPress.
    Untuk informasi, Anda bisa memilih fitur Auto Install Website WordPress ketika proses checkout. Fitur tersebut gratis dan Anda tidak perlu repot menginstall WordPress secara manual.
  4. Konfigurasi Dasar WordPress
    Setelah WordPress sudah selesai diinstal, Anda harus melakukan konfigurasi atau setting sebelum masuk ke cara membuat blog. Anda bisa login ke dashboard WordPress terlebih dahulu dengan cara akses ke http://namadomainanda.com/wp-admin.
  5. Instal Tema WordPress
    Saat anda mengikuti cara membuat blog dengan WordPress, Anda akan mendapatkan banyak pilihan tema. Meski begitu, memilih tema tidak boleh sembarangan. Karena dapat memengaruhi tampilan blog Anda secara keseluruhan.

    Jadi, Anda harus memastikan dalam memilih tema yang cocok dengan niche blog Anda, dapat dikustomisasi, mobile-friendly, dan memiliki navigasi yang baik. Jika Anda masih tertarik untuk mencoba atau bereksperimen dengan blog,
    Anda bisa mencoba template gratis terlebih dahulu. Kami telah mengumpulkan 50 rekomendasi template WordPress gratis terbaik untuk Anda.
    Namun, jika blog Anda sudah mulai berkembang, kami menyarankan untuk memperbaruinya dan menggunakan tema berbayar. Yang bertujuan agar blog terkesan lebih profesional dan maksimal untuk SEO.

    Kemudian, Anda dapat mencari dan memilih tema yang ingin Anda gunakan. Anda bisa melihat preview tema terlebih dahulu, dan jika anda rasa sudah mendapatkan template yang tepat, silakan tekan klik Install. Kemudian, tekan klik Activate untuk mengaktifkan tema tersebut ke dalam blog Anda. Blog Anda mungkin akan memerlukan beberapa setting tergantung templatenya.
  6. Cara Membuat Blog Post Pertama
    Dalam tahap ini, kita akan masuk ke cara membuat blog post. Anda dapat menuangkan seluruh ide dalam konten artikel Anda.

    Panduan membuat post pertama:
    Pertama, masuk ke menu Posts > Add New.
    Kedua, Anda akan langsung berada pada editor Guttenberg. Anda bisa menulis atau menyalin artikel Anda disini.
    Ketiga, Anda perlu men-setting beberapa pengaturan post. Misalnya permalink, kategori, tags, featured image, dll. Semuanya lengkap tersedia pada samping kanan editor.
    • Permalink – Karena sebelumnya kita sudah setting menjadi post name, maka Anda bisa mengubah bagian ini untuk mengatur URL konten. Misalnya, websitepercobaan.com/artikel-percobaan.
    • Categories – Anda dapat memasukkan artikel tersebut ke kategori yang Anda inginkan. Anda juga bebas membuat kategori baru.
    • Tags – Masukkan beberapa kata kunci untuk mengelompokkan artikel Anda ke topik yang lebih spesifik.
    • Featured Image – Gambar yang berfungsi sebagai cover artikel.
    • Excerpt – Beberapa kalimat atau summary yang menggambarkan isi artikel Anda.
    • Discussion – Terdapat opsi kolom komentar, pingbacks, dan trackbacks.
    • Post Attribute – Anda dapat memilih antara default template, cover template, atau full width template. Biasanya pengaturannya adalah default template.

    Sebelum mempublikasikan artikel, Anda dapat melihat preview. Caranya, klik Preview pada bagian kanan atas layar > pilih tampilan Preview > klik Preview in new tab.
    Anda dapat melihat preview dalam tampilan desktop, tablet, dan mobile. Sehingga, Anda bisa melihat apakah tampilan artikel Anda nyaman dibaca di berbagai device.
    Terakhir, Anda dapat klik Publish di sebelah tombol preview tadi. Sebelum benar-benar publish, Anda dapat memilih jangkauan pembaca yaitu:
    • Publik, siapapun dapat mengakses post;
    • Private, hanya editor dan admin;
    • Password protected, hanya yang memiliki password yang dapat mengakses post.
    Selain itu, Anda juga dapat menjadwalkan publish artikel secara otomatis. Jika sudah siap, silakan klik Publish.
  7. Menginstal Plugin
    Plugin menjadi salah satu kelebihan utama WordPress. Anda dapat menambahkan fitur dan fungsi di blog dengan mudah.
    Caranya, masuk ke menu Plugins > Add New.
    Selanjutnya, cari plugin pada bagian pencarian. Kali ini kami coba menginstal plugin Yoast SEO. Lalu, klik Install Now pada plugin yang ingin Anda pasang dan Activate.

    Jasa Pembuatan Website, Blog, Silahkan hubungi :
    www.jazatek.com
    sales@jazatek.com

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp us