Cara Membuat Toko Online Menggunakan WooCommerce – Part1

Cara Membuat Toko Online Menggunakan WooCommerce – Part1

1. Install dan Aktivasi WooCommerce
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WooCommerce adalah plugin yang dapat dipasang dengan mudah melalui WordPress. Memasang WooCommerce di website WordPress Anda sangatlah mudah. Pertama, yang perlu dilakukan adalah login ke dashboard WordPress Anda. Kemudian ikuti langkah berikut:

  • Pilih Plugins di menu sidebar
  • Klik tombol Add New
  • Ketik WooCommerce di kolom pencarian
  • Temukan hasil pencarian WooCommerce dan klik Install Now
  • Setelah proses instalasi selesai, klik tombol Activate

2. Cara Setting WooCommerce
Setelah proses instalasi dan aktivasi selesai, Anda akan melihat pemberitahuan dari WooCommerce untuk menjalankan Setup Wizard seperti gambar di bawah.

Cara di atas adalah yang termudah untuk mulai mengatur WooCommerce. Akan tetapi, jika Anda melewatkan pemberitahuan dari WooCommerce, ada cara lain untuk memulai Setup Wizard. Anda bisa membuka menu WooCommerce > Help > Setup Wizard.

Setelah Setup Wizard dimulai, Anda akan melihat gambar di bawah ini:

Langkah 2.1. Pengaturan Halaman
Di langkah ini, WooCommerce akan memberitahu Anda mengenai halaman utama apa saja yang akan disediakan untuk toko online Anda (shop, cart, checkout, dan my account). Halaman-halaman ini dibutuhkan agar toko online Anda berjalan dengan baik. Pahami masing-masing halaman lalu klik continue.

Langkah 2.2. Atur Lokasi
Langkah selanjutnya adalah mengatur lokasi toko Anda, mata uang yang Anda gunakan, dan dimensi ukuran apa yang Anda gunakan (Kilogram, Centimeter).

Langkah 2.3. Pengiriman Barang dan Pajak
Selanjutnya adalah mengatur apakah produk Anda bisa dikirimkan melalui ekspedisi atau tidak. Apabila Anda menjual jasa, Anda tidak perlu mencentang ceklis di pengiriman barang. Anda juga perlu mencentang kolom pajak jika ingin membebankan pajak kepada pelanggan Anda.

Langkah 2.4. Pembayaran
Di langkah ini, Anda akan mengatur metode pembayaran apa saja yang Anda terima. Anda bisa menerapkan metode pembayaran kartu kredit, PayPal, transfer bank, atau Cash On Delivery (COD). Sesuaikan metode pembayaran dengan kebiasaan pelanggan Anda.

Setup WooCommerce sudah selesai. Selanjutnya adalah menambahkan produk pertama Anda dengan menekan tombol Create your first product!

3. Menambahkan Produk
Tentu untuk menjalankan sebuah toko online, Anda membutuhkan produk. Namun, sebelum menambahkan produk, ada beberapa pengaturan produk yang perlu Anda ketahui, yaitu kategori produk dan attribute. Berikut penjelasannya:

  • Kategori Produk
    Kategori produk membantu Anda untuk mengelompokkan produk-produk Anda. Misalnya, Anda menjual pakaian. Anda bisa membuat kategori produk menjadi pakaian atasan, bawahan, outwear, underwear, dan aksesoris. Kategori produk memudahkan pelanggan untuk menemukan produk yang mereka inginkan. Anda bisa menambahkan kategori produk sebanyak mungkin.
  • Attribute
    Attribute membantu untuk menyaring atau filter produk. Misalnya, di toko online pakaian, Anda bisa mengatur attribute menjadi ukuran, warna, bahan, atau filter lainnya yang sesuai dengan produk Anda.
  • Tipe Produk
    WooCommerce memungkinkan Anda untuk menjual berbagai tipe produk, bukan tipe produk fisik saja. Berikut adalah beberapa tipe produk yang bisa dijual di WooCommerce:

Simple: Produk yang dikirimkan melalui jasa ekspedisi tanpa ada variasi. Contoh: buku
Virtual: Produk yang dijual tidak membutuhkan pengiriman. Contoh: jasa seperti konsultasi
Downloadable: Produk yang dapat diunduh. Contoh: e-book, video, gambar
External: Anda mengiklankan sebuah produk di toko online Anda, tetapi dijual di toko online lain.
Variable: Produk yang dijual memiliki beberapa variasi. Contoh: baju
Menambahkan produk di WooCommerce sangat mudah seperti Anda menerbitkan postingan di WordPress. Pilih menu Products > Add New. Masukkan judul dan deskripsi produk yang Anda jual.

Di sebelah kanan terdapat menu Product Categories, klik tombol +Add New Category dan tambahkan nama untuk kategori produk Anda. Kategori produk akan berguna ketika pembeli mencari produk Anda berdasarkan kategori.

Di bawah deskripsi dan gambar ada menu Product Data. Di bagian ini Anda bisa memasukkan detail produk Anda. Berikut adalah beberapa detail produk yang perlu Anda tambahkan:

Harga
Di sub menu General, Anda bisa menambahkan harga produk.
Informasi Ketersediaan Produk
Sub menu Inventory membantu Anda untuk inventaris barang sehingga Anda bisa menyediakan informasi ketersediaan barang kepada pelanggan.
Metode Pengiriman Barang
Di sub menu Shipping, Anda bisa menambahkan detail berat produk, panjang produk, hingga perkiraan biaya pengiriman.
Saran Produk
Anda juga bisa menambahkan saran produk yang mirip dengan produk yang sedang dibeli pelanggan di sub menu Linked Product.
Filter Produk
Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Anda bisa menambahkan filter produk. Di sub menu Attribute Anda bisa menambahkan filter yang sesuai dengan deskripsi produk Anda.
Review Produk
Anda juga bisa menambahkan review produk di sub menu Advance.
Setelah menambahkan semua informasi penting produk, Anda bisa merilis produk tersebut dengan menekan tombol Publish.

4. Mengelola Produk
Jika sudah menambahkan banyak produk di toko online, Anda bisa mengelolanya dengan mudah melalui menu Products. Anda bisa mengedit, menghapus, dan menduplikat produk di halaman ini.

Cara duplikat produk cukup mudah. Pilih produk kemudian klik Duplicate. Fitur ini memudahkan Anda jika menjual produk yang deskripsinya mirip. Anda juga bisa membuat salah satu atau beberapa produk menjadi andalan dengan menekan ikon bintang.

5. Mengelola Pesanan
Pesanan baru selalu dibuat ketika pelanggan Anda menyelesaikan proses checkout. Anda bisa melihat berapa pesanan yang Anda dapatkan dengan memilih menu Orders di sidebar menu.

Setiap pesanan memiliki Order ID unik dilengkapi dengan detail informasi seperti email pelanggan, nomor kontak, alamat, dan metode pembayaran. Anda bisa mengelola pesanan satu per satu dengan mengklik tombol Edit yang terletak di bawah nomor pesanan.

Next Cara Membuat Toko Online Menggunakan WooCommerce – Part2

Respond For " Cara Membuat Toko Online Menggunakan WooCommerce – Part1 "